Manfaat Kegiatan Outbound Training, Team Building dan Outing Perusahaan


Outing di Bogor, Outing di PuncakPerusahaan bisnis merupakan salah satu jenis klien yang paling banyak memesan Paket Outbound; apakah itu Outbound Training, Team Building atau bahkan Outing, tempat-tempat penyedia layanan kegiatan Outing di Bogor ataupun tempat Outing di Puncak, misalnya, cenderung lebih banyak mendapat pesanan dari perusahaan daripada sekolah. Kegiatan outbound yang merupakan kombinasi dari berbagai permainan, kegiatan fisik, petualangan terarah dan diskusi biasanya dilakukan dalam periode waktu tertentu, di tempat-tempat yang akan memberi suasana berbeda dari kondisi kantor sekaligus menantang fisik dan mental para peserta, misalnya di hutan, pantai atau area alam bebas lainnya.

Kegiatan Outbound, apakah itu Outbound Training, Team Building dan Juga Outing sekilas mungkin hanya terlihat seperti sekumpulan acara permainan yang diikuti banyak orang dengan tujuan rekreasi; bisa dipahami, karena apa yang dilakukan para peserta memang tidak terlihat seperti orang bekerja. Akan tetapi, jika ditelusuri, kegiatan outbound yang terarah memang memiliki banyak manfaat untuk pelaku atau pekerja bidang bisnis.

Berikut adalah beberapa ‘tahapan’ manfaat yang perlahan dapat dipelajari oleh para pekerja bidang bisnis, terutama jika program outbound ini dijadikan sebagai agenda rutin:

1.      Manfaat langsung yang didapat secara umum, yaitu kesempatan untuk menyegarkan pikiran, mematahkan rutinitas serta mempererat hubungan interpersonal antar karyawan. Selain itu, karyawan juga memeroleh kesempatan untuk menantang diri sendiri dengan melakukan kegiatan yang berbeda dari biasanya walau masih berhubungan dengan pekerjaan, sehingga tidak merasa jenuh.

2.      Manfaat yang didapat lewat mengikuti berbagai kegiatan. Program Outbound Training,Team Buildingdan Outing yang dirancang dan diarahkan dengan baik akan menantang peserta untuk berpikir kreatif, bersikap solider dengan orang lain yang menjadi anggota timnya serta menantang peserta untuk menerapkan aspek kerjasama serta kepemimpinan dalam menyelesaikan berbagai tantangan di kegiatan outbound.

3.      Manfaat jangka panjang; kegiatan outbound mungkin tidak serta merta mengubah para peserta menjadi karyawan atau pekerja super, namun program outbound yang terarah dengan baik dapat menjadi semacam titik balik bagi para peserta untuk mulai menyadari bahwa mereka memiliki dan dapat memaksimalkan kompetensi yang tidak bisa dianggap enteng. Hal ini kemudian dapat sedikit demi sedikit berpengaruh terhadap kinerjanya di perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *