Outbound Bogor – Outbound Anak: Pendidikan Alternatif


Outbound Bogor – Outbound Anak: Pendidikan Alternatif

Anak-anak perlu mendapat pendidikan di luar pendidikan formal di sekolah, seperti mengaji di masjid, kursus bahasa Inggris, olahraga, les vokal dan lainnya. Tujuannya selain untuk memperluas pergaulan, anak juga terbiasa disibukkan oleh kegiatan-kegiatan positif sehingga tidak sempat memikirkan/melakukan perbuatan asusila atau yang tidak bermanfaat. Jadwa l kegiatan anak di kota-kota besar hampir bisa dikatakan padat. Pagi sampai siang sekolah, sore dilanjutkan dengan les matematika atau mata pelajaran sulit lainnya, magrib mengaji di masjid, malam mengulang pelajaran, dan Sabtu kursus olahraga. Untuk mengatasi kejenuhan anak, dibutuhkan cara lain yang tidak kalah penting dalam pendidikan usia dini. Salah satunya adalah outbound anak.

Di daerah Bogor dan Puncak misalnya, lokasi-lokasi outbound training tersedia bagi mereka yang sedang merancang pendidikan alternatif buat anak. Jika selama di sekolah mereka dijejali hal-hal yang merangsang daya pikir kognitif, sedangkan Outbound Training untuk anak lebih fokus pada pendidikan sikap dan mental. Unsur emosional lebih ditekankan pada kegiatan ini dibanding intelektual. Misalnya tentang rasa takut menghadapi ketinggian, rasa cemas tidak didampingi orang tua menghadapi ’rintangan’, kekompakan dengan teman, dan tenggang rasa antar peserta.

Outbound anak, sebagaimana outbound training pada orang dewasa, sama-sama bertujuan untuk me-restart­ memori otak dari pikiran-pikiran negatif seperti kekhawatiran yang berlebihan, ketakutan akan sesuatu hal, kekeliruan dalam memandang sesuatu untuk kemudian disuntikkan dengan pikiran-pikiran positif (positive thinking) yang bisa menghasilkan perasaan positif (positive feeling). Demi pertumbuhan mental yang lengkap, ada baiknya para orang tua menyertakan buah hatinya pada kegiatan outbound anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *