Team Building

Outbound di Puncak Bogor, Team Building, Outbound TrainingTeam building” adalah kata yang akrab kita dengar terutama dari pakar-pakar manajemen perusahaan dan organisasi. Bagaimana tidak, kata Team Building menjadi ‘jimat’ agar operasional sebuah perusahaan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada friksi-friksi yang bisa memperlambat jalannya roda bisnis. Semakin solid team yang ada di dalamnya, maka semakin dinamis sebuah organisasi dalam bergerak. Tidak heran, bagi mereka yang menjadi kepala personalia, program-program untuk meningkatkan teamwork lebih intens diadakan dibanding peningkatan kapasitas individual.

Namun untuk menciptakan team yang kompak tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Perusahaan terdiri dari beragam individu-individu yang tidak saja berbeda sifat dasar, namun juga berbeda kepentingan meski bekerja dalam lingkup yang sama. Seorang perfeksionis yang ambisius bisa jadi akan mengalami kebuntuan komunikasi dengan seorang yang berkarakter pragmatis. Seorang yang tumbuh di kultur Sunda mungkin akan berkonflik dengan temannya yang bersuku Batak. Seorang lulusan S2 bisa jadi akan bertikai dengan atasannya sendiri yang ‘hanya’ lulusan S1.

Karena perusahaan adalah komunitas manusia, maka untuk itu perlakuannya pun harus didasarkan pada aspek psikologis, bukan mekanis. Dan berbicara tentang psikologis artinya berbicara tentang hubungan suka-tidak suka, akrab-tidak akrab, terbuka-tertutup, dan lainnya. Karena itulah dibutuhkan sebuah kegiatan yang berorientasi pada pembentukan team  dalam perusahaan. Kegiatan ini tidak harus dilakukan di dalam ruang-ruang rapat, namun justru diselenggarakan di tempat yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Misalnya adalah alam terbuka. Sebab suasana kesejukan yang ditawarkan oleh ruang terbuka akan berpengaruh terhadap psikologis karyawan yang menjadi peserta Outbound training. Tidak heran banyak pakar merekomendasikan alam sebagai solusi menetralisir jiwa.