Outbound Training Leadership bersama Outbound Puncak Bogor

OLYMPUS DIGITAL CAMERAOutbound Training Leadership adalah bagian dari upaya berkelanjutan perbaikan kualitas individu yang memang harus terus ditumbuh kembangkan. Banyak dari kita salah kaprah memahami pengembangan leadership seolah olah ditujukan untuk mereka yang disiapkan menjadi manajer sebuah perusahaan , pemimpin sebuah organisasi atau untuk orang pada posisi puncak sebuah organisasi, sekali lagi kepemimpinan adalah kualitas individu yang harus ditumbuh kembangkan, kepemimpinan seringkali hampir menjadi titik sentral keberhasilan sebuah kelompok, kepemimpinanlah yang menyebabkan sebuah tantangan dapat terselesaikan secara lebih efisien dan efektif, kepemimpinanlah yang menjadi faktor dominan produktifitas meningkat.
Outbound Training bersama Outbound Puncak Bogor adalah adalah investasi bagi organisasi dan perusahaan untuk membuat SDM yang dimilikinya menjadi berkualitas.

Outbound Training leadership adalah salah satu metode yang bukan saja memberikan pemahaman tentang manajemen dan produktifitas tetapi juga membentuk mental serta karakter kepemimpinan yang efektif, yang memiliki visi dan misi jangka panjang terhadap dirinya, perusahaan atau organisasinya, serta masyarakatnya. Orang yang punya visi akan tahu apa yang akan ia perbuat untuk kemajuan perusahaan/organisasi tempat ia berkarya. Sementara meski seseorang menempati posisi puncak, kalau dia tidak punya visi, maka perusahaan/organisasi hanya akan menunggu waktu menuju kebangkrutan finansial dan moral

Outbount Training yang efektif bersama Outbound Puncak Bogor

Tahapan Experential learning
1. Do
Proses simulasi dalam bentuk kegiatan yang sesuai dan mirip dengan proses kerja yang ada. Peserta akan diajak untuk aktif dalam menjalankan aktivitas ini sehingga value yang didapatkan juga maksimal. Untuk mengefektifkan penyerapan nilai – nilai yang ada, maka akan dibagai dalam kelompok – kelompok kecil berjumlah 8 – 15 orang. Pada setiap simulasi permainan yang ada akan di berikan frame yang akan membawa peserta ke dalam suasana yang miripdengan materi atau keseharian kerja yang ada.
2. Reflect
Proses sharing bersama, dimana meskipun aktivitasnya sama, tetapi setiap orang tentu punya perasaan dan proses pribadi yang berbeda – beda dalam menjalankannya. Proses sharing ini akan memperkaya setiap individu dan mempertajam pemahaman akan sebuah issue yang kita angkat dari simulasi tersebut. Diharapkan setiap peserta dapat menceritakan perasaan dan proses pribadinya untuk memperkaya dan memberikan nilai tambah pada pemahaman setiap peserta.
3. Apply
Nilai – nilai belajar yang didapat dan sharing pengalaman pada proses Refleksi  akan lebih dikerucutkan lagi pada aplikasi pekerjaan sehari – hari dalam kaitannya dengan permasalahan yang sedang terjadi , sehingga peserta dapat mengaplikasikan nilai – nilai belajar tersebut pada pekerjaan.
Dalam pencapaian tujuan dari ketiga proses tersebut, setiap kelompok akan selalu didampingi oleh fasilitator ahli yang akan memfasilitasi peserta untuk mendapatkan value dan nilai belajar yang optimal .

 

Proses Kegiatan Outbound Training di Outbound Puncak Bogor

Tahap Persiapan (Pra – Training)
Proses diskusi dan sharing untuk menggali akan kebutuhan klien menjadi hal yang sangat mendasar bagi kami dalam penyusunan sebuah program. Sharing dan diskusi ini akan disesuaikan dengan perkembangan issue, ilmu pengetahuan atau trend yang sedang berkembang.
Kami sangat menghormati keunikan budaya setiap klien kami, itulah sebabnya kami akan duduk bersama dengan HRD untuk menghasilkan program yang tepat, mengena dan bernilai lebih. Keinginan klien akan selalu kita akomodir tanpa mengurangi ‘value’ dari pencapaian objectives pelatihan yang diinginkan.

Tahap Pelaksanaan
Kami tawarkan sebuah proses simulasi yang ’not just game’, karena inti dari setiap ’simulasi’ adalah pada ’value’ yang ada di dalamnya. Kami sadar sepenuhnya bahwa unsur – unsur refreshment, juga merupakan pemicu untuk belajar, itulah mengapa simulasi yang kami tawarkan adalah sebuah simulasi yang valuable, remarkable and memorable.
Pengalaman yang terstruktur, sistematis dan memorable akan membantu peserta dalam memaham inilai-nilai yang terjadi dalam proses dinamika kelompok. Pengalaman-pengalaman tersebut akan mereka dapat dalam 4 tahapan yang ada yaitu:
•Goal setting
•Group dynamics
•Initiative & problemsolving
•Generalize

Tahap Laporan
Laporan penyelenggaraan kegiatan akan memberikan gambaran kegiatan secara umum dan perkembangan kelompok yang ada. Perkembangan kelompok ini akan sangat bermanfaat untuk HRD perusahaan alam menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya bagi perkembangan organisasi.
Kemampuan fasilitator kami untuk melihat individu–individudi kelompok akan mempertajam  laporan yang dihasilkan. Perkembangan kelompok juga menjadi perhatian khusus dalam penanganannya.Hal yang terjadi dalam kelompok akan dapat disampaikan dalam laporan yang jelas

Tahap Evaluasi

Outbound Puncak Bogor memiliki standar , sehabis Outbound Training, jangan terlalu lama , usahakan jangan lebih dari 2 minggu,  HRD memfasilitasi  sebuah diskusi internal yang diikuti oleh peserta Outbound Training yang baru saja dilakukan, lakukan review ulang tentang kegiatan Outbound Training yang baru saja dilakukan, cari dan sepakati nilai dan pembelajaran penting yang ada, pastikan seluruh peserta outbound training memiliki pemahaman yang sama tentang point point tsb, komunikasikan point dan ide yang ada, kemudian pastikan bagaimana  point yang didapat dapat diaplikasikan di kantor dalam suatu tindakan yang nyata, realistic dan specific…sesuai dengan situasi dan kondidsi perusahaan dalam rangka peningkatan produktifitas

Hal ini menjadi sangat penting , jika hal ini tidak dilakukan , biasanya pemahaman yang didapat oleh peserta Outbound Training menjadi berbeda beda, akibatnya setiap peserta berjalan dengan persepsi masing masing , berubah untuk sebentar waktu , dalam waktu yang relative tidak lama kembali berubah kepada perilaku awal…. Sayang kan…?

 

Pencarian Google: